FMP2 : Sosialisasi Pendidikan Pemilih Harus Masif - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 24 Februari 2019

FMP2 : Sosialisasi Pendidikan Pemilih Harus Masif

Koordinator FMP2, Iwan Kurniawan Zubair.
Radarpesbar.com – Forum Masyarakat Peduli Pemilu (FMP2) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengharapkan penyelenggara pemilu baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga partai politik (parpol) di Kabupaten Pesbar lebih masif melakukan sosialisasi pendidikan pemilih pada Pemilu tahun 2019 terutama yang dilakukan KPU Pesbar.

Koordinator FMP2 Kabupaten Pesbar-Lampung Barat, Iwan Kurniawan Zubair, S.Kom., mengatakan, pada pelaksanaan Pemilu itu merupakan hal baru bagi masyarakat, karena Pemilu yang digelar pada 17 April 2019 mendatang pemilih disodorkan dengan lima surat suara sekaligus, yaitu surat suara pemilihan anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan surat suara pemilihan Presiden dan wakil Presiden.

“Untuk itu, kami menyarankan, penyelenggara pemilu khususnya KPU Pesbar lebih aktif lagi memberikan pendidikan pemilu ke masyarakat, baik pemilih pemula dan sebagainya,” ujarnya, Minggu (24/2).

Masih kata dia, baik KPU, Bawaslu, dan Parpol juga harus bersinergi mencerdaskan pemilih. Artinya, penyelenggara harus membuat strategi partispasi pemilih, sehingga masyarakat yang memiliki hak suara di Pemilu nanti bisa lebih paham salah satunya dalam pencoblosan, dengan begitu dapat meminimlaisir terjadinya surat suara tidak sah.

“Kita melihat pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Pesbar khususnya masih minim, dan kita yakin saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai kepemiluan ini,” jelasnya.(yayan/d1n)

Selengkapnya Baca Radar Lambar-Radar Pesbar Edisi Cetak Senin 25 Februari 2019.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad