Waspadai Gelombang Tinggi di Pesbar - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 28 Mei 2018

Waspadai Gelombang Tinggi di Pesbar

Sejumlah warga saat membeli ikan segar secara langsung dengan nelayan yang baru melaut, seperti di kawasan wisata pantai Labuhan Jukung, Minggu (27/5)
Radarpesbar.com – Masyarakat yang bermukim dipinggiran pantai, terutama para nelayan di Kabupaten Pesisir Barat di imbau agar tetap waspada terhadap kondisi gelombang tinggi dan cuaca yang terjadi di perairan Pesisir Barat. Pasalnya, kini mulai memasuki pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau, dimana kondisi cuaca saat ini kerap mengalami perubahan.

Terlebih berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, diperdiksi gelombang laut di wilayah Pesisir Barat mencapai 0,5 - 2,5 meter, dengan kecepatan angin Timur Laut-Tenggara mencapai 4-18 Knots terhitung pada Minggu (27/5). Meski gelombang laut saat ini tergolong stabil artinya tidak mengalami gelombang tinggi.

“ Seluruh nelayan agar terus meningkatkan kewaspadaannya saat melaksanakan aktifitasnya mencari ikan di laut,” kata kepala BPBD Pesisir Barat, Syaifullah, S.Pi., Minggu (27/5) kemarin.

Dijelaskan, dibeberapa titik wilayah perairan di Kabupaten Pesisir Barat hingga kini rentan terjadi gelombang tinggi, karena itu masyarakat harus tetap waspada.  meski begitu dirinya berharap tidak berdampak terhadap masyarakat terutama yang bermukim diseputaran pinggiran pantai dan nelayan. Mengingat di beberapa lokasi pinggiran pantai di kabupaten yang berjuluk negeri para sai batin dan para ulama itu juga terjadi abrasi cukup parah.

“Abrasi terjadi salah satunya dipicu karena gelombang tinggi saat musim angin kencang, sehingga wajar setiap tahun  pinggiran pantai tergerus abrasi,” jelasnya. (Yayan/D1N)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad