Waspada Rabies! Anjing Liar Marak di Pesbar - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 02 Juni 2019

Waspada Rabies! Anjing Liar Marak di Pesbar

Ilustrasi/Internet.
Radarpesbar.com - Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) di  imbau untuk tetap waspada terhadap penyakit rabies yang di sebabkan oleh Hewan Penular Rabies (HPR) terutama anjing liar maupun anjing gila.

Mengingat saat ini anjing liar cukup marak di seluruh wilayah Negeri Para Saibatin dan Ulama itu, salah satunya di Kecamatan Pesisir Tengah.

Kabid Peternakan, Mesrawan, S.S.TP, M.Si., mendampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Ir.M.Aziz, mengatakan, pihaknya memang sudah mendapat informasi bahwa sudah sekitar tiga orang anak-anak di wilayah Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah itu, yang digigit anjing liar.

"Namun sementara ini kami belum bisa menentukan rabies atau tidaknya, terlebih anjing liar yang diduga telah menggigit anak-anak itu belum ditemukan," katanya.

Karena itu, lanjutnya, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap serangan anjing liar, yang  saat ini cukup marak, dikhawatirkan  menggigit warga yang menyebabkan penyakit rabies.

"Jika masyarakat menemukan adanya anjing liar ataupun gejala anjing gila, diharapkan segera menghindar," ujarnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat bisa menghubungi Distan ataupun Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada di setiap Kecamatan maupun staf di bidang peternakan.

"Kita minta masyarakat maupun aparatur pekon juga bisa pro aktif untuk melaporkan ke Distan setempat, jika terjadi adanya serangan anjing liar diwilayahnya tersebut," pungkasnya (yayan/d1n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad