Langka, Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar Sempurna di Pesbar - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 24 Juni 2019

Langka, Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar Sempurna di Pesbar

TRC TNBBS/Rhino Protection Unit (RPU) Yayasan Badak Indonesia (Yabi), Hendra Wijaya, Saat Menunjukan Bunga Rafflesia Jenis Rafflesia Arnoldii Yang Mekar Sempurna di Wilayah TNBBS Pesisir Barat.
Radarpesbar.com - Selain Provinsi Bengkulu, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) juga memiliki potensi bunga Rafflesia Sumatera jenis Rafflesia Arnoldii. Diketahui, bunga Rafflesia yang tumbuh di Pesbar itu sejak awal 2000 silam.

Seperti yang ada Resort Sukaraja Pal 50 di Camp Rhino wilayah kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kecamatan Bangkunat, telah ditemukan puluhan bunga bangkai raksasa baik yang bonggol bunga yang masih kuncup maupun yang sedang mekar.

Tim Reaksi Cepat (TRC) TNBBS yang juga selaku pengurus Rhino Protection Unit (RPU) Yayasan Badak Indonesia (Yabi), Hendra Wijaya, mengatakan bahwa, bunga Rafflesia Arnoldii itu mulai mekar sejak beberapa hari lalu, dan juga masih banyak bonggol bunga (kuncup) yang siap mekar dalam dua sampai tiga hari, bahkan dua minggu kedepan.

“Jumlahnya puluhan, baik yang ada di atas tanah maupun yang menempel di batang pohon,” kata dia, Senin (24/6).

Lanjutnya, untuk jumlah bunga Rafflesia yang sudah mekar sempurna saat ini ada tiga bunga, sedangkan bonggol bunga yang masih kuncup dan siap mekar ada sekitar lima bunga dan itu diatas pohon karena menempel di batang. Sedangkan bonggol yang masih kecil (calon bunga) ada sekitar 10 an lebih.

 
“Bunga rafllesia yang ada di dalam kawasan hutan TNBBS wilayah ini yang tidak jauh dari perbatasan Tanggamus memang setiap bulannya ada yang mekar, karena di wilayah kawasan ini merupakan plot atau habitat bunga rafflesia,” jelasnya.

Dijelaskan, pertumbuhan bunga rafflesia di wilayah itu memang cukup bagus, seperti yang saat ini sedang mekar dengan diamater sekitar satu meter dan memiliki berat bisa mencapai 10 kilogram lebih. Bunga yang sudah mekar itu bisa bertahan sekitar tiga hari.

“Karena itu bagi masyarakat yang ingin berkunjung ataupun pengunjung wisata baik lokal maupun mancanegara yang hendak melihat bunga rafflesia tersebut bisa datang langsung ke Camp Rhino,” katanya.

Sementara itu, Kasatnarkoba Polres Lambar, Iptu Junaidi, S.H., mendampingi Kapolres Lambar, AKBP.Doni Wahyudi, S.Ik., saat menyempatan diri berkunjung untuk melihat bunga rafllesia yang mekar di wilayah TNBBS itu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan merawat bunga rafflesia yang merupakan salah satu jenis bunga yang langka itu.

“Kita mengimbau warga agar jangan merusak dan harus ikut menjaga tanaman bunga rafflesia tersebut," pungkasnya.(yayan/d1n)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad