KPU Pesbar Bimtek PPK Soal Tungsura - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 06 April 2019

KPU Pesbar Bimtek PPK Soal Tungsura

KPU Pesisir Barat Gelar Bimtek Tungsura Terhadap PPK se Kabupaten Setempat.
Radarpesbar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) serta rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Pesbar. Acara itu dipusatkan aula Losmen Sunset Beach, Kecamatan Pesisir Tengah, Jum’at (5/4).

Komisioner KPU Pesbar Divisi Teknis, Jefri, mengatakan kegiatan itu selain di hadiri seluruh Komisioner KPU Pesbar juga dihadiri seluruh PPK se Pesbar serta perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten setempat. Bimtek itu dilaksanakan bertujuan agar seluruh PPK dapat menjelaskan tata cara pemungutan dan penghitungan suara kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) disetiap pekon.

“Selain itu juga ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) disetiap Tempat Pemugutan Suara (TPS) harus mendapat pemahaman dari PPK,” katanya.

Ditambahkannya, dari hasil bimtek itu, PPK diharapkan dapat menyampaikan ke PPS dan KPPS tentang cara pengisian formulir, sehingga pada pelaksanaannya tidak terjadi kendala atau persoalan. Untuk itu diharapkan seluruh PPK benar-benar memahami semua materi Bimtek itu.

“KPU Pesbar berharap PPK memahami rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kecamatan, serta memahi kode etik penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, PPK juga harus memahami cara pendistribusian logistik Pemilu. Semua tahapan dalam Pemilu itu harus benar-benar dipahami dan diteliti, hal itu untuk mengindari ataupun mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kesalahan terutama dalam proses pemungutan dan pengitungan suara maupun rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu.

“Kita berharap semua peserta bimtek dalam hal ini PPK dari 11 Kecamatan, bisa secepatnya memberikan bimtek kepada PPS dan KPPS, sebab tidak lama lagi Pemilu dilaksanakan,” pungkasnya.(yayan/d1n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad