Hujan Lebat, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor dan Timpa Rumah Warga - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 27 April 2019

Hujan Lebat, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor dan Timpa Rumah Warga

Longsor Terjadi di Pekon Tanjung Sakti, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesbar.
Radarpesbar.com– Hujan lebat yang melanda wilayah Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengakibatkan tebing setinggi 50 meter, di Pekon Tanjung Sakti, longsor berdampak pada kerusakan empat unit rumah di pekon tersebut, pada jumat malam sekira pukul 20.00 WIB.

Peratin Way Batang, Mad Munadi mengatakan saat ini sebagian besar masyarakat Tanjung Sakti mengungsi di Pekon Way Batang, sebagai antisifasi adanya longsor susulan yang melanda wilayah tersebut, mengingat hujan deras hingga jumat dini hari masih terus berlangsung.

“Malam ini sebagian besar masyarakat Pekon Tanjung Sakti mengungsi di rumah sanak saudara mereka di Pekon Way Batang untuk mengantisifasi longsor susulan,” kata dia.

Rumah warga yang terkena dampak longsor itu adalah milik Wirman, Solihan, Sukri, dan Nirwana, sebagian besar rumah mengalami kerusakan pada bagian dapur bahkan material longsor sampai keluar melalui pintu depan rumah warga.

“Selain material longsor yang merusak rumah warga, material longsor menutup badan jalan, bahkan ketebalan lumpur mencapai 30 centimeter sehingga akses menuju pekon tanjung jati putus total,” jelasnya.

Menurutnya, jarak antara rumah dan tebing cukup jauh, mencapai hingga 100 meter lebih, namun karena tebing yang longsor cukup tinggi dan derasny hujan mengakibatkan longsor sampai ke perkampungan warga.

“Besarnya longsor yang terjadi meski jarak tebing dan pemukiman cukup jauh tapi tetap sampai, bahkan banyak areal pesawahan warga yang rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Pesbar Syaifullah mengatakan bahwa pihaknya langsung mengerahkan petugas yang ada untuk melakukan evakuasi dan melakukan penanganan pada lokasi longsor.

“Sekarang kita mulai bergerak kesejumlah titik bencana, karena bencana alam malam ini terjadi pada sejumlah titik akibat hujan deras,” pungkasnya.(yogi/d1n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad