324 Siswa SMA Ikuti KSN Tingkat Kabupaten - radarpesbar.com | Radar Pesbar Online

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 Maret 2020

324 Siswa SMA Ikuti KSN Tingkat Kabupaten

Pembukaan KSN Tingkat SMA se-Kabupaten Pesbar dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah.
Radarpesbar.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020 tingkat SMA se Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah, Selasa (10/3).

Kasi Pembinaan SMA, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III pada Disdikbud Provinsi Lampung, Meri Hasan, S.Pd, M.M., mengatakan kegiatan KSN tingkat SMA itu dilaksanakan secara serentak diseluruh Indoensia hari ini, salah satunya di Kabupaten Pesbar yang dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah, jumlah pesertanya 324 siswa kelas X dan XI dari seluruh SMA se Kabupaten setempat.

Dijelaskan, kegiatan KSN tahun 2020 yang mengusung tema junjung tinggi sportifitas dalam bertanding menuju Lampung berjaya itu bertujuan untuk mengembangkan prestasi dan karakter siswa itu sendiri, sehingga kedepan mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dalam rangka mewujudkan daerah yang unggul dan lebih maju.

“ Dalam pelaksanaan KSN tingkat SMA itu bertujuan untuk mendorong pemerataan prestasi siswa di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Mengingat kata dia, untuk bidang study yang dikompetisikan diseluruh Indonesia sama, seperti di Kabupaten Pesbar yakni sebanyak sembilan bidang study antara lain mata pelajaran Astronomi, Fisika, TIK, Ekonomi, Matematika, Kimia, Kebumian, Geografi dan Biologi.

“Seluruh peserta dari masing-masing perwakilan sekolah yang mengikuti KSN itu diharapkan dapat meningkatkan prestasinya. Karena juara I, II dan III ditingkat Kabupaten ini nanti akan mengikuti kegiatan yang sama ditingkat Provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua MKKS SMA Kabupaten Pesbar, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.Si., mengatakan dengan dilaksanakannya kompetisi itu diharapkan dapat muncul siswa berprestasi. Terlebih siswa yang berasal dari 12 SMA se Kabupaten Pesbar yang mengikuti KSN itu memiliki potensi yang tentunya cukup baik. Artinya, siswa yang mengikuti KSN tingkat Kabupaten Pesbar juga merupakan siswa terbaik dari hasil seleksi di sekolah masing-masing.

“Kita berharap di KSN ini prestasi siswa bisa meningkat, sehingga siswa yang menjadi juara nanti mampu membawa nama baik sekolah dan Kabupaten Pesbar pada kegiatan KSN tingkat Provinsi, bahkan hingga tingkat Nasional dan Internasional,” pungkasnya.(yan/d1n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad